Minggu, 08 Juli 2012

UMPC, solusi berkomputer di jalan

umpc 
 

Ultra Mobile Personal Computer atau sering disingkat dengan istilah UMPC merupakan terobosan baru jika Anda sering bepergian dan membutuhkan notebook untuk bekerja di jalan. Semua vendor saat ini seolah berlomba mengeluarkan notebook versi UMPC. Dipelopori dengan Asus EeePC yang menggebrak pasar. Diikuti oleh vendor-vendor lain, seperti HP dengan HP mininote 2133, Acer dengan Acer Aspire One, MSI dengan MSI Wind, dan masih banyak lagi, Quantel, Zyrex Ubud dan Anoa, dll.


Ciri-ciri Noteboook UMPC adalah memiliki kemampuan cukup mumpuni untuk pengguna yang sering mobile dan ringan untuk dibawa-bawa. Laptop mini UMPC memang ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan laptop untuk bekerja di jalan, tanpa mementingkan fitur-fitur yang kurang penting lainnya. Notebook jenis ini biasanya hanya mempunyai fitur-fitur standar yang bisa menjalankan aplikasi Office dan Internet saja. Beberapa tipe-tipe keluaran awal hanya dilengkapi dengan media penyimpan dengan kapasitas yang sangat terbatas. Baru produk-produk keluaran terbaru telah memiliki media penyimpanan yang cukup lega.

Beberapa menggunakan teknologi penyimpanan Solid State Disk (SSD), sehingga menawarkan pengoperasian yang tenang, tahan guncangan dan stabil. Sehingga Anda tidak perlu kuatir jika sering membawanya bepergian.

Ukuran layar yang kecil, menjadikan notebook mini jenis UMPC ringan untuk dibawa-bawa, bahkan cukup untuk dimasukkan ke tas ransel atau handbag yang Anda bawa.
Salah satu kunci keberhasilan laptop mini jenis ini adalah harga murah. Budget terbatas tidak masalah, karena sebagian besar UMPC memang dibandrol dengan harga murah. Asus EeePC contohnya, tipe paling murahnya dijual dibawah harga 3 juta rupiah. UMPC merk lain yang mempunyai fitur lebih lengkap, dijual dengan harga 3-6 juta rupiah saja. Bandingkan dengan merk Fujitsu, Sony, Toshiba, HP Compaq yang layarnya 12 inchi yang dibanderol dengan harga diatas 8 juta rupiah.

Semua UMPC yang ada dipasaran telah dilengkapi dengan WiFi 802.11 b/g terintegrasi yang otomatis akan mendeteksi dan terhubung pada internet di area hotspot manapun. Slot USB atau PCMCIA yang bisa digunakan untuk memasang Modem GSM/CDMA external dan menghubungkan ke media penyimpanan yang lebih besar, seperti Flash Disk atau Harddisk Eksternal. Semua juga dilengkapi dengan Card Reader yang berguna untuk menambah kapasitas penyimpanan atau bisa juga Anda manfaatkan untuk menyimpan foto-foto dari kamera digital atau lagu-lagu favorit.

Namun, laptop jenis UMPC memang tidak diperuntukkan untuk menggantikan notebook yang sebenarnya. Rata-rata memiliki kecepatan prosesor yang kalah dengan notebook atau laptop pada umumnya. Jenis Prosesor yang sering digunakan adalah AMD Geode, Via, Intel Atom atau Intel Celeron ULV (Ultra Low Voltage). Berbeda dengan laptop biasa yang saat ini paling rendah menggunakan prosesor Intel Core Duo, yang memiliki performa lebih baik.
Semua juga belum dilengkapi dengan pembaca cakram optik, seperti DVDRW yang telah menjadi fitur wajib notebook berukuran normal.

Namun, sekali lagi, laptop mini UMPC memang hanya didesign untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, yang memerlukan laptop yang praktis, ringan untuk dibawa dan harga terjangkau. Jadi Anda tidak bisa mengharapkan bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan kartu grafis 3D atau game yang berat.
Jadi sebaiknya Anda benar-benar mempertimbangkan baik-baik sebelum Anda memutuskan. Jika Anda memang memerlukan notebook dengan kriteria diatas. UMPC bisa jadi solusi yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar