Selasa, 03 Januari 2012

GUA INDRAKILA, pernah dikunjungi Bung Karno


Kabupaten Kuningan kaya akan potensi alam yang bias dijadikan objek wisata..namun masih kurangnya perhatian dari pemerintah daerah setempat membuat salah satu objek wisata yang dikenal dengan Objek wisata Gua Indrakila di desa karangkancana kecamatan Ciwaru ini kurang dikenal oleh masyarakat banyak. Terletak kurang lebih 20 Km dari ibukota Kuningan, Objek Wisata Alam Gua Indrakila ini dapat ditempuh dari dua jalur, yang pertama melalui Luragung melewati Cibingbin dan yang kedua bisa langsung menuju kecamatan Ciwaru, tepatnya berada di perkampungan Idrahayu yang suasana alamnya masih belum terjamah oleh suasana perkotaan…pemandangan yang alami menambah satu nilai jual bagi kawasan objek wisata ini.Dihuni oleh sekitar 150 kepala keluarga dan dikelilingi oleh pohon-pohon pinus dan ditambah dengan terdapatnya sebuah curug ( air terjun ) yaitu Curug Gantung yang menjulang tinggi menambah daya tarik tersendiri.
                Kawasan Gua Indrakila sendiri memiliki areal seluas 10 hektare yang terdapat 9 gua diantaranya
1.       Gua Karangmasigit, didalamnya terdapat kulak ( tempat air ) yang airnya mengalir ke bawah dan sampai saat ini airnya masih digunakan oleh penduduk setempat.
2.       Gua Kandanghayam, asal mula gua ini diberi nama tersebut karena setiap pagi sering terdengar suara ayam yang jumlahnya sangat banyak keluar dari gua tersebut, namun anehnya ketika dilihat oleh masyarakat setempat tidak terdapat seekorpun wujud ayam tersebut, begitu pula setiap sore menjelang malam sering terdengar suara ayam yang akan masuk ke gua tersebut.
3.       Gua Indrakila, sering oleh masyarakat disebut gua Arjuna Mintu Raga, didalamnya terdapat ruangan teras sebagai tempat beristirahat Arjuna dan pamongnya yaitu Semar,Cepot,Dawala dan Gareng…terdapat pula kamar Arjuna dan lawing maung yang konon dijaga seekor harimau.
4.       Gua Karangnengnong, didalam gua ini terdapat batu – batu yang mirip gamelan, maka tidak heran oleh penduduk setempet batu – batu ini disebut batu gamelan, karena apabila dipukul akan menimbulkan suara mirip gamelan.
5.       Gua Oray, sebuah gua yang didalamnya terdapat arca ular ( Oray berarti Ular dalam bahasa sunda ), dan dipercaya dihuni oleh seekor ular besar.
Sedangkan gua – gua yang lain berupa gua kecil…dikawasan ini terdapat pula sebuah batu yang disebut Batu Patapan Munding yang merupakan batu ampar yang dikelilingi batu – batu lainnya, konon batu tersebut tempat bertapanya Munding ( Kerbau ) yang waktu itu kalah bertarung hingga memutuskan untuk bertapa, selesai bertapa kerbau tersebut menjadi tidak terkalahkan dan bahkan di takuti…Wallahualam bisawwab.          
                Gua Indrakila pernah dikunjungi oleh Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno pada tahun 1965, begitu pula wapresnya bung Hatta pernah pula meninjau kawasan Objek wisata ini. Dengan demikian kawasan Objek wisata Gua Indrakila ini wajib kita lestarikan karena merupakan sebagian besar objek wisata alam yang tersebar di bumi pertiwi ini, hanya saja harus ada penanganan khusus dari pemerintah setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar